APA PERBEDAAN RAMBUT LEPAS DAN RAMBUT RONTOK?

APA PERBEDAAN RAMBUT LEPAS DAN RAMBUT RONTOK?

Dalam keadaan normal, kita akan mengalami sejumlah rambut lepas setiap harinya, namun gejala rambut rontok, terutama pada tahap awal rambut rontok, sangat sulit untuk menentukan apakah hal tersebut rambut rontok atau bukan, hal ini tidakk hanya menyebabkan rambut rontok sulit ditemukan, tetapi juga menyebabkan rambut rontok sulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat waktu dan efektif.

Mengapa dalam keadaan normal dapat terjadi rambut lepas?

Rambut tumbuh seperti tanaman di alam, dan akan ada perubahan siklus hidup “satu tahun dan satu tahun”, sehingga rambut yang sehat juga akan memiliki periode rontok.

Rambut tumbuh dari folikel rambut di kulit kepala, folikel rambut tidak terus-menerus menumbuhkan rambut, itu juga perlu istirahat, jadi setelah sekitar 2 hingga 6 tahun siklus pertumbuhan akan memasuki periode panjang sekitar empat minggu perontokan, setelah periode perontokan akan masuk masa istirahat selama 4-6 tahun, periode perontokan rambut secara bertahap menyusut, periode istirahat rambut folikel tidur, tidak lagi tumbuh rambut.

Tubuh memiliki lebih dari 5 juta folikel rambut (termasuk alis, jenggot rambut, serta rambut mili yang tidak terlihat pada kulit tubuh)

Ada 1 juta folikel rambut pada kepala (seluruh kepala tidak hanya memiliki rambut kepala, tetapi juga rambut di bagian wajah lain, yang sebagian besar tidak terlihat)

Hanya ada 100.000 hingga 150.000 folikel rambut di kulit kepala (bagian folikel rambut ini adalah folikel rambut yang menumbuhkan rambut), dan unit folikel sehat terdiri dari 2-4 folikel rambut, masing-masing tumbuh satu rambut, jadi rata-rata ada sekitar 100.000 hingga 150.000 rambut per orang.

Siklus hidup setiap folikel rambut berbeda, dengan folikel rambut memasuki periode istirahat setiap hari dan rambut memasuki fase pertumbuhan, tetapi secara keseluruhan, sekitar 84% rambut berada dalam periode pertumbuhan, 14% rambut berada di periode istirahat, dan 2% rambut berada dalam periode perontokan. Dua persen dari 100.000 sudah banyak, jadi normal untuk menjatuhkan sejumlah rambut setiap hari, jangan khawatir.

Apa itu rambut rontok?

Meskipun gejala awal rambut rontok juga rambut lepas, ada perbedaan mendasar antara rambut rontok dan rambut rontok alami.

Rambut rontok disebabkan oleh hormon atau gangguan eksternal pada folikel rambut, rambut rontok setelah kehilangan vitalitas dan rambut berhenti tumbuh, pertumbuhan rambut asli juga karena penyusutan folikel rambut dan lepas, sehingga akan ada rambut rontok. Tetapi karena folikel rambut menyusut jauh lebih banyak selama rambut rontok daripada rambut selama periode istirahat, jumlah rambut rontok jauh lebih tinggi daripada jumlah rambut lepas.

Rambut rontok adalah semacam penyakit rambut lepas, mengacu pada keadaan abnormal fenomena rambut rontok, rambut rontok sulit tumbuh lagi, atau bahkan jika tumbuh keluar bentuknya lembut dan berbeda dengan rambut normal, dan rambut lembut ini akan segera rontok lagi, dan akhirnya tidak lagi tumbuh rambut, folikel rambut benar-benar menjadi tidur pasif.

Apa perbedaan antara rambut rontok dan rambut lepas?

Rambut lepas mengacu pada metabolisme normal rambut, penggantian rambut yang disebabkan oleh siklus hidup folikel rambut, adalah fenomena fisiologis normal, rambut akan tumbuh lagi pada sasat memasuki masa pertumbuhan, sehingga tidak perlu khawatir.

Rambut rontok adalah ketika folikel rambut dipengaruhi oleh hal eksternal (misalnya trauma, seperti DHT), folikel rambut tampak menyusut dan berhenti menumbuhkan rambut, rambut asli mulai lepas, yang merupakan gejala penyakit folikel rambut.

Setelah rambut rontok terjadi, sulit untuk menghentikannya  sendiri kecuali intervensi pengobatan diambil untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain, rambut rontok dapat menyebabkan penipisan atau kebotakan, sementara rambut lepas tidak.

Bagaimana cara mengetahui apakah rambut rontok atau rambut lepas?

  1. Apakah jumlah total rambut berkurang

Karena jumlah total rambut setelah rambut rontok akan semakin berkurang, jelas bahwa rambut jauh lebih sedikit daripada sebelumnya, dan jumlah total rambut akan tetap sama ketika rambut rontok, sehingga Anda dapat mengambil foto pada periode waktu tertentu untuk membandingkan dan menentukan sendiri apakah telah mengalami rambut rontok.

Rambut rontok dapat menyebabkan jarangnya rambut yang terlihat di satu tempat, bahkan kebotakan (jarang dan kebotakan).

Jika bagian atas kepala tipis atau bahkan botak, garis rambut dahi memundur atau jarang, jelas gejala rambut rontok. Ini berlaku untuk situasi yang sudah memiliki gejala rambut rontok, yang sulit dinilai pada tahap awal ketika mereka belum muncul.

  1. Lihat jumlah rambut lepas

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam kondisi normal rambut lepas sekitar 2% setiap hari, di mana sekitar 80-100 rambut akan rontok, jumlah ini sulit dideteksi jika tidak sengaja diamati, hanya ketika mencuci atau menyisir rambut akan ditemukan.

Tetapi jumlah rambut rontok jauh di luar tingkat itu. Umumnya rambut rontok dari jumlah rambut rontok harian jauh lebih dari 100, atau bahkan sehari dapat 200 hingga 300, kebotakan lebih parah, sehingga kita dapat menghitung jumlah rambut rontok harian untuk menilai.

  1. Pola menjatuhkan rambut

Rambut lepas adalah karena folikel rambut tiba-tiba berhenti menumbuhkan rambut, sehingga rambut lepas tebal dan seragam, dan akarnya akan tiba-tiba tipis, akarnya juga tidak memiliki pelengkap, seperti rambut yang dipotong.

Dan rambut rontok adalah karena folikel rambut dipengaruhi oleh pengaruh eksternal secara bertahap menyusut, sehingga rambut akan sangat tebal, dan bahkan seluruh rambut sangat lembut, dan rambut rontok pada akarnya, bsehingga sering rontok bersama partikulasi putih yang melekatjika dibandingkan dengan rambut lepas sangat terlihat perbedaannya.

Jika Anda melihat sejumlah besar rambut lepas, pertama-tama, jangan khawatir,  dengan tenang melalui analisis di atas untuk menentukan apakah rambut rontok atau rambut lepas.

Ingat, rambut rontok dapat dikontrol selama terdeteksi dini dan diobati lebih awal, dan bahkan di tengah rambut rontok ada cara untuk menyelesaikannya, sehingga tidak boleh diperburuk oleh kecemasan.

Leave a Reply